Pengertian Simulasi Digital dan Contohnya Kelas 10 - Mata pelajaran Simulasi Digital marupakan mata pelajaran yang membekali murid agar bisa mengomunikasikan ide atau konsep melalui media digital.
Dalam proses pemelajaran, murid bisa mengomunikasikan ide atau konsep yang dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui media digital, dengan tujuan menguasai teknik mengomunikasikan ide atau konsep.
Baca juga: Pengertian Kelas Maya
Tujuan akhir sesudah murid mempelajari berbagai keteknikan dan cara bekerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, murid mampu mengomunikasikan ide atau konsep yang ditemukannya sendiri atau modifikasi dari ide atau konsep yang sudah ada.
Media digital yang dimanfaatkan untuk mengomunikasikan ide atau konsep, dipilih dari yang sudah tersedia secara luas melalui aplikasi atau platform digital dengan menggunakan peralatan elektronika atau peralatan teknologi informatika dan komunikasi yang ada.
Dalam proses pemelajaran, murid bisa mengomunikasikan ide atau konsep yang dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui media digital, dengan tujuan menguasai teknik mengomunikasikan ide atau konsep.
Baca juga: Pengertian Kelas Maya
Tujuan akhir sesudah murid mempelajari berbagai keteknikan dan cara bekerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, murid mampu mengomunikasikan ide atau konsep yang ditemukannya sendiri atau modifikasi dari ide atau konsep yang sudah ada.
Media digital yang dimanfaatkan untuk mengomunikasikan ide atau konsep, dipilih dari yang sudah tersedia secara luas melalui aplikasi atau platform digital dengan menggunakan peralatan elektronika atau peralatan teknologi informatika dan komunikasi yang ada.
Sesuai dengan tujuannya, mata pelajaran Simulasi Digital memiliki ruang lingkup sebagai berikut.
A. Komunikasi Dalam Jaringan (Komunikasi Daring)
Melalui komunikasi daring, dimaksudkan murid memiliki bekal untuk memanfaatkan jejaring internet untuk mencari dan menbisakan informasi sebagai pendukung ide atau konsepnya sekaligus mengomunikasikan ide atau konsepnya.
Komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan (synchronous) maupun dalam waktu yang berbeda (asynchronous). Komunikasi daring bisa dilakukan melalui pengiriman teks dan gambar, bahkan memungkinkan komunikator dan komunikan melakukan percakapan langsung dengan saling melihat gambar lawan bicaranya.
B. Kelas Maya
Melalui kelas maya, dimaksudkan murid memiliki bekal untuk bisa ikut serta dalam kelas maya yang diselenggarakan oleh siapapun, dalam rangka meningkatkan pengetahuannya. Kelas maya sebagai kelas yang diselenggarakan “jarak jauh” dengan memanfaatkan internet.
Kelas maya memungkinkan murid mengunduh berbagai informasi dan pengetahuan baru yang diperlukan yang sudah disediakan oleh guru yang mengampu kelas maya tersebut, sekaligus menyampaikan tanggapan atau jawaban yang ditanyakan oleh guru.
Kelas maya merupakan kelas “terbuka” dan “jarak jauh” yang dibuat dalam rangka pembelajaran yang bisa diikuti oleh murid yang terdaftar, dan tidak ada perbedaan dengan kelas konvensional (kelas tatap muka langsung antara guru dan murid).
Keterlibatan orang tua murid dalam memantau keaktifan murid mengikuti kelas maya bisa dilakukan orang tua kepada guru.
C. Presentasi Video
Kemudahan perekaman gambar bergerak dalam bentuk video dan perkembangan teknik video dari analog ke digital, memungkinkan seseorang merekam gambar bergerak yang lebih baik dan lebih mudah. Meskipun harus mempelajari teknik perekaman gambar dan penyuntingannya, melalui video process (proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam), presentasi video memberikan bekal bagi murid untuk membuat video, terutama untuk, mengomunikasikan ide atau konsep.
Baca: Pengertian Presentasi Video
Ada kalanya, penyaji saat mengomunikasikan ide atau konsep tidak membutuhkan banyak gerakan atau hanya membutuhkan ruang gerak yang sedikit. Untuk kepentingan tersebut video process untuk pengambilan gambar penyaji, bisa digantikan dengan memanfaatkan webcam.
Ada kalanya, penyaji saat mengomunikasikan ide atau konsep tidak membutuhkan banyak gerakan atau hanya membutuhkan ruang gerak yang sedikit. Untuk kepentingan tersebut video process untuk pengambilan gambar penyaji, bisa digantikan dengan memanfaatkan webcam.
Itulah Pengertian Simulasi Digital dan Contohnya Kelas 10 semoga bermanfaat. Terimkasih sudah membaca Pengertian Simulasi Digital dan Contohnya Kelas 10 sampai selesai.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.